Mengenal Dampak Baik Dan Buruk Dari Kopi Instan

Sebagai salah satu penikmat kopi tentunya menjadi salah satu keinginan untuk selalu menikmati secangkir kopi. namun keingingan tersebut menjadi terhalang karena kesibukan maupun rasa malas. meskipun demikian dalam kondisi apapun kebutuhan kafein dalam tubuh menjadi tertolong karena adanya jenis kopi instan.

Adanya jenis kopi instan maka anda tidak lagi ke warung kopi, anda bisa kapan saja menikmati minuman kafein tersebut dengan menyeduh kopi instan tersebut dalam beberapa menit. sama halnya dengan kopi yang biasa dibuat di warung kopi pada umumnya jenis kopi instan juga terbuat dari ekstrak kopi kering yang telah disaring serta dihaluskan yang kemudian menjadi bubuk lalu menjadi kemasan kopi instan.

Mengenal Dampak Baik Dan Buruk Dari Kopi Instan

Kopi instan juga telah menjadi salah satu jenis minuman yang populer di seluruh didunia. Salah satu perusahaan asal inggris yaitu Euromonitor telah melakukan riset pasar dunia yang menemukan sebuah peningkatan dari penjualan jenis kopi instan yang telah mendapatkan 3 kali lipat selama 14 tahun yaitu pada tahun 2000 sampai 2014.

Bicara soal kopi instan ada dampak baik buruknya lo guys, penasaran? yuk simak ulasannya sebagai berikut

Dampak posisf mengkonsumsi kopi instan

Dampak positif atau bisa disebut manfaat mengkonsumsi kopi instan untuk kesehatan adalah sebagai berikut

Kandungan antioksidan

Kopi instan juga mempunyai kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dari sebuah penelitian yang melakukan riset telah mengungkapkan jika dalam secangkir kopi instan mempunyai kandungan kalium, magnesium serta vitamin dan kalori.

Kafein yang sedikit

Mengkonsumsi kafein yang tinggi menjadi salah satu yang dihubungkan dengan masalah kesehatan seperti susah tidur, sakit perut, dan perubahan detak jantung yang diakibatkan oleh kafein.

Kopi instan bisa menjadi salah satu alternatif agar dapat mengurangi asupan kafein dalam minuman kopi. Dari penelitian yang telah dialkukan oleh Healthline menyebutkan dalam 1 sendok teh kopi instan mempunyai kandungan 30 sampai 90 mg kefein jumlah tersebut tergolong sedikit dibanding kopi biasa yan mempunyai 70 sampai 140 mg.

Kopi instan disamping mempunyai dampak positif atau manfaat untuk kesehatan akan tetapi juga mempunyai dampak buruk. Jika terlalu benyak dalam mengkonsumsi kopi instan akan mengakibatkan dampak buruk untuk kesehatan. penasaran? yuk simak ulasannya berikut ini

Dampak buruk mengkonsumsi kopi instan bagi kesehatan

Beberapa dampak buruk kopi instan jika terlalu banyak dikaonsumsi adalah sebagai berikut

Terlalu banyak kandungan akrilamida

Akrimida adalah salah satu jenis bahan kimia yang menyebabkan kerusakan terhadap sistem saraf serta dapat memicu kanker. Saat proses pemanggangan biji kopi maka bahan kimia ini otomatis muncul.

Kurang kafein, sedikit manfaat

Kafein memang mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan tubuh akan tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Dalam kadar yang tepat kafein dapat meningkatkan fungsi otak, metabolisme serta dapat menurunkan berat badan. seperti yang dijelaskan diatas kopi instan mempunyai kafein rendah. maka dampak baik yang dihasilkan juga rendah.

Nah Itulah Dampak Baik Dan Buruk Dari Kopi Instan. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait