Pengertian Saraf Terjepit Dan Cara Mengatasinya

Pengertian

Saraf terjepit merupakan sebuah rasa nyeri yang terjadi karena adanya penonjolan terhadap bantalan tulang belakang yang mengakibatkan tekanan pada saraf sehingga merasa sakit.

Kondisi tersebut dapat membuat anggota gerak menjadi lemah serta menimbulkan kesemutan dan rasa nyeri. pada bagian tungkai, lengan, pinggang dan juga punggung merupakan sasaran utama dari serangan rasa sakit tersebut yang mengakibatkan rasa tidak nyaman pada penderita.

Pengertian Saraf Terjepit Dan Cara Mengatasinya

Disini penulis akan menjelaskan tentang cara mengatasi saraf terjepit pada bagian leher yang dianggap kondisi medis yang serius dari beberapa kondisi yang lain. ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi saraf terjepit pada leher baik dilakukan dirumah maupun tenaga medis, penasaran? yuk simaklah ulasannya berikut ini

Cara mengatasi saraf terjepit pada leher dirumah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dirumah untuk mengatasi saraf terjepit antara lain adalah sebagai berikut:

Sabar dan tunggu

Saraf terjepit pada leher biasanya dapat terjadi dengan mendadak yang diakibatkan adanya sebuah gerakan leher yang tidak biasa atau cedera. jika terjadi karena gerakan yang tidak biasa, maka nyeri pada leher dapat mereda dengan sendirinya tanpa adanya perawatan apapun. maka anda harus lebih bersabar selama beberapa hari atau minggu hingga membaik.

Mengubah rutinitas kerja

Jika terjadi karena kondisi kerja, sebaiknya anda meminta keringanan kepada atasan atau mengganti pekerjaan anda

Terapi yang dingin

Dengan mengkompres es batu pada leher merupakan salah satu perawatan yang efektif untuk meringankan rasa sakit pada leher. terapi dingin bisa dilakukan pada bagian leher yang sensitif agar mengurangi pembengkakan serta nyeri. mengkompres bisa dilakukan selama 20 menit sampai 3 jam dalam beberapa hari. lalu kurangilah jumlah atau tekanan saat rasa nyeri berkurang

Meregangkan leher

Dengan melakukan pereganagan pada leher akan dapat mengurangi tekanan terhadap saraf maupun melepas sendi yang terjepit. gerakkan leher secara perlahan namun stabil dengan menarik nafas yang panjang. tahanlah peregangan selama 30 detik dan ulangi 3 sampai 5 kali dalah sehari

Pertolongan medis

Jika penanganan dirumah tidak berhasil maka bisa dilanjutkan dengan pertolongan medis diantaranya adalah sebagai berikut:

Berkunjung ke dokter spesialis

Anda bisa berkonsultasi pada dokter spesialis tulang untuk memastikan rasa nyeri pada leher tidak diakibatkan kondisi serius contohnya patah tulang atau rematik. kondisi tersebut tidak mengakibatkan rasa nyeri pada leher, akan tetapi jika perawatan dirumah serta terapi tidak dapat mengatasinya, bisa diakibatkan masalah yang lebih serius dan haru mendapat perawatan lenih lanjut oleh dokter.

Melakukan traksi dengan fisioterapis

Traksi merupakan pembukaan sel tulang belakang. traksi bisa dilakukan dalam beberapa cara yaitu dengan manual dapat menggunakan tangan dokter atau fisioterapis, sampai dengan traksi rumahan. perlu diingat jika melakukan traksi harus dengan perlahan jika rasa nyeri menyebar maka segera hentikan traksi tersebut.

Melakukan operasi

Operasi merupakan salah satu pilihan terakhir yang bisa dilakukan dan dipertimbangkan jika pada terapi sebelumnya belum berhasil. tujuan dari operasi leher yaitu memperbaiki sistem tulang yang patah yang diakibatkan taruma mauun osteoporosis dan mengangkat tumor.
Nah Itulah Pengertian Saraf Terjepit Dan Cara Mengatasinya. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait