Inilah Manfaat Cacing Tanah Yang Perlu diketahui


Inilah Manfaat Cacing Tanah Yang Perlu diketahui

Pengertian Cacing Tanah


Cacing tanah adalah hewan yang  tidak bertulang belakang atau yang lebih dikenal sebagai hewan Invertebrata yang digolongkan dalam filum Annelida, ordo Oligochaeta yang hidup didalam tanah. Penggolongan ini pada morfologi binatang tersebut karena tubuhnya yang tersusun atas segmen-segmen yang berbentuk cincin atau annulus, pada tiap segmen mempunyai beberapa pasang seta, yaitu struktur rambut yang sangat berguna untuk memegang substrat dan bergerak (Edwards dan Lofty, 1977).

Anatomis dan Morfologis


Secara alamiah, morfologi dan juga anatomi pada cacing tanah berevolusi untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungann. Arlen (1994) menjelaskan bahwa cacing tanah ditemukan hidup dalam tumpukan sampah juga dalam tanah.

Morfologi cacing tanah


Cacing tanah memiliki tubuh tanpa kerangka yang tersusun dalam berbagai segmen-segmen fraksi luar maupun dalam yang saling berkaitan secara integral, diselaputi oleh epidermis berupa kulit kaku yang berpigmen tipis dan seta, kecuali dua segmen pertama, bersifat hemaphrodit atau berkelamin ganda dengan peranti yang seadanya pada bagian segmen tertentu.

Secara terstruktur, cacing tanah mempunyai rongga yang besar coelomic yang mengandung coelomycetes yaitu pembuluh mikro, yang merupakan sistem vaskuler tertutup.

Manfaat cacing tanah


Penggunaan hewan tidak bertulang belakang atau invertebrata sebagai pengobatan tradisional untuk megobati juga mencegah berbagai macam penyakit dan telah digunakan di Cina sejak lama dan terbukti ampuh sebagai bbahan pengobatan tradisional. Para pakar penelitian mengenai efek farmasi dari cacing tanah tersebut telah dimulai seiring perkembangan teknologi biokimia. Adapun manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

Pengenal imunologi


Hewan ini adalah salah satu organisme pertama yang ada dalam evolusi yang mempunyai pengenalan imunologi juga memori. Cacing tanah, seperti invertebrata pada umumnya yaitu menghasilkan beberapa jenis leukosit dan juga menyintesis dan menyekresi berbagai molekul imunoprotektif.

 Enzim Fibrinolitik


Enzim fibrinolitik yang ampuh dan juga aman, telah dimurnikan juga dipelajari dari beberapa spesies cacing tanah, termasuk Lumbricus rubellas dan Eisenia fetida. Potensi penggunaan enzim fibrinolitik ini didalam pencegahan dan juga pengobatan penyakit jantung juga cerebro vascular serius telah menarik perhatian di bidang kedokteran dan farmakologi.

 Penyembuh luka


Berbagai ilmuwan dan juga kelompok medis lainya telah mencari bahan untuk dijadikan sebagai obat untuk membantu peyembuhan pada luka. Penyembuhan luka pada kulit adalah proses yang kompleks, ditandai dengan epitelisasi yaitu pertumbuhan sel-sel kulit muda dan pemulihan jaringan ikat.

Nah itulah beberapa manfaat cacing tanah untuk kesehatan


Artikel Terkait