Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Cara Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata Secara Alami


Pengertian Mata


Mata adalah  salah satu panca indra yang sangat penting dalam diri setiap  manusia, dengan mata, manusia bisa menikmati semua hal serta keindahan alam yang sangat luar biasa. Mengingat indra ini memiliki peranan penting, akan tetapi tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menjaga dan merawat kesehatan mata secara alami.

Maka dari itu, agar mata menjadi selalu sehat, Anda harus bisa memelihara kesehatan mata Anda dengan baik dan benar. Caranya adalah dengan mengatur pola makanan yang banyak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

Hal- Hal Yang Menyebabkan Mata Lelah


  • Baca sambil tiduran.
  • Terlalu lama bermain komputer
  • Nonton televisi dengan jarak yang cukup dekat.
  • Membaca diatas kendaraan yang berjalan.
  • Paparan cahaya matahari.
  • Menyetir pada malam hari.

Hal- Hal Yang Dilakukan Untuk Mnjaga Dan Merawat Kesehatan Mata


Mengkonsumsi Wortel


Wortel banyak mengandung berbagai macam vitamin, vitamin tersebut khususnya adalah vitamin A yang telah diklaim dapat menjaga kesehatan pada mata, pertumbuhan, juga perkembangan, dan berfuungsi untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung banyak biotin atau vitamin B yang sangat berperan dalam menjaga metabolisme lemak dan protein secara normal pada tubuh manusia. Selain beta-karoten, manfaat lain dari wortel yaitu memiliki banyak kandungan serat, vitamin K, dan juga kalium.

Mengkonsumsi Tomat


Selain banyak akan Vitamin C, tomat juga banyak akan vitamin A yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi salah satu buah ini, dengan harga yang tergolong cukup murah.

Mengkonsumsi Telur


Telur tidak hanya banyak akan kandungan Vitamin B12 dan juga Vitamin D, tapi juga banyak akan Vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Kandungan dalam telur yaitu lutein dan zeaxanthin dikenal dapat mencegah penyakit katarak pada mata.

Mengkonsumsi Sayur Bayam


Seperti yang telah diketahui bayam juga banya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Hal itu berkat adanya kandungan lutein dan zeaxanthin yang sangat diperlukan oleh mata.

Menjaga Paparan Sinar UV


Paparan berlebih sinar ultraviolet (UV) dari matahari dalam waktu lama dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada kesehatan mata Pastikan mata terlindung dari paparan sinar matahari dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV.

Jangan Mengkonsumsi Rokok


Merokok dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit mata seperti katarak, kerusakan saraf mata juga degenerasi makular. Selain itu, dengan berhenti merokok, Anda juga bisa terhindar dari risiko penyakit jantung juga tekanan darah tinggi.

Nah itulah tadi pembahasn tentang cara menjaga dan merawat kesehatan mata, Jika ada pertanyaan silahkan tanya dikolom komentar.

Artikel Terkait