Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Pengertian

Sakit kepala merupakan hal yang bisa dialami oleh setiap orang. Sakit kepala dapat membuat aktivitas menjadi terganggu karena dapat dirasakan pada semua bagian kepala mulai dari bagian atas mata hingga bagian belakang. Sakit kepala terbagi dalam beberapa jenis diantaranya yaitu sakit kepala sebelah (migran), sakit kepala bagian atas dan sakit kepala bagian belakang, Nah disini saya akan membahas tentang sakit kepala bagian belakang yang merupakan sakit kepala yang sering dialami oleh setiap orang.

Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang


Sakit kepala bagian belakang dapat disebabkan oleh penyakit lain ataupun tidak berhubungan dengan penyakit lain. ataupun dapat disebabkan karena faktor lingkungan. apakah yang menyebabkan sakit kepala bagian belakang? penasaran yuk simaklah pembahasannya berikut ini

Penyebab sakit kepala bagian belakang

Sakit kepala dapat terjadi dikarenakan adanya gangguan pada struktur kepala, diantaranya yaitu pembuluh darah, otot serta sistem saraf. Namun, sakit kepala juga dapat disebabkan oleh faktor lainnya yaitu seseorang mengalami psikis atau adanya sebuah penyakit yang diderita.

Sakit kepala bagian belakang dapat dirasakan sementara waktu dan hilang dengan sendirinya namun bisa terjadi lagi hal yang diperlukan adalah istirahat yang cukup dalam rumah, jika sakit kepala tidak kunjung hilang dalam beberapa hari dapat segera periksa kedokter anda.

Beberapa hal yang dapat mengakibatkan sakit kepala

Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang adalah sakit kepala yang umum dialami oleh setiap orang yang disebabkan karena kurang tidur, stress maupun tegang serta rasa lapar. sakit kepala tegang umumnya terjadi selama 20 menit sampai 2 jam.

Migrain

Migran secara umum tidak menyerang kepala bagian belakang, akan tetapi bukan tidak mungkin migran menyerang kepala belakang. para pakar meyakini jika migrain dikarenakan adanya perubahan aliran darah pada otak serta aktifitas sel saraf. migran juga dapat disebabkan faktor keturunan, kurang tidur atau kebanyakan tidur, kelelalan, stres serta faktor makanan.

Neuralgia oksipal

Neuralgia oksipal merupakan sebuah kondisi yakni peradangan atau cedera pada sistem saraf yang ada sumsum tulang belakang hingga kepala (saraf oksipal). sehingga dapat dirasakan sakit pada kepala belakang atau bagian bawah kepala, akan tetapi sakit ini dapat menyebar kepada bagain atas kepala.

Sakit kepala saat beraktifitas fisik

Sakit kepala karena aktifitas fisik atau bisa disebut sakit kepala exertional bisa disebabkan karena melakukan kegiatan berat seperti lari atau mengencangkan otot perut saat buang air besar. sakit kepala ini dapat terasa pada bagian belakang kepala maupun sampai seluruh kepala.

Sakit kepala ini umumnya tidak menyebebkan masalah serius, akan tetapi dapat merupakan tanda pembuluh darah pada otak mengalami gangguan. Meskipun demikian hal ini jarang terjadi, Meski begitu, segeralah berkonsultasilah pada dokter jika terserang penyakit ini.

Cara mengatasi sakit kepala bagian belakang dirumah

Ketika sakit kepala menyerang ada beberaa hal yang dapat dilakukan untuk  mengatasi sakit kepala belakang, penasaran? yuk simaklah berikut ini.

Istirahat cukup pada ruang gelap

Pada saat sakit kepala terjadi anda dalam aktivitas, maka segerah carilah tempat yang tenang dan sepi untuk berbaring atu hanya sekedar duduk santai. Hindarilah kebisingan atau keramaian dalam tempat atau lingkungan sekitar anda. Hal ini dapat membuat bagian kepala anda sedikit melemaskan bagian kepala dan pundak
.

Relaksasi

Apabila anda terbiasa melakukan meditasi anda bisa mencobanya untuk mengatasi sakit kepala anda.
Mulailah dengan memejamkan mata anda kemudian atur napas. Bayangkan saat ini anda berada pada tempat favorit yang tenang juga nyaman dan kemudian sakit kepala lama kelamaan akan menghilang.

Pijat ringan

Cobalah dengan memijit bagian kepala yang sakit yaitu kepala bagian belakang anda dengan menggunakan jari telunjuk serta ibu jari anda. Pijatlah dengan ringan dengan durasi sekitar 7 sampai 15 detik kemudian lepaskan dan ulangilah secara terus menerus hingga sakit kepala hilang.

Minum air

Dehidrasi juga dapat mengakibatkan sakit kepala, jika sakit kepala disertai dengan rasa haus ataupun mulut kering, rasa lelah yang berlebih dan buang air kecil yang yang jarang yang volumenya sedikit, Cobalah minuum segelas air.
Nah Itulah Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait