Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Yang Perlu Diwapadai


Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Yang Perlu Diwapadai


Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Yang Perlu Diwapadai-Merokok adalah hal yang tidak aneh pada masa kini. Dalam berbagai Keseharian kita, di lingkungan kerja, keluarga hingga jalanan umum yang dilalui. Merokok seolah merupakan adat atau budaya akibat sering terbiasa merokok dalam kehidupan masyarakat. Banyak dari kita tidak mengetahui kalau rokok sangat berbahaya bagi kesehatan apabila menjadi para perokok aktif maupun pasif .

Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat mengakibatkan daya tahan tubuh  menjadi turun, Kemudian menyebabkan Penyakit yang tergolong serius atau berbahaya

Penyakit Paru-paru


Merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi pada saluran napas serta jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar serta kelenjar mucus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir serta terjadi peningkatan sel radang pada jaringan paru-paru.

Penyakit Jantung

Merokok merupakan faktor utama yang menyebabkan penyakit pada pembuluh darah jantung tersebut. Bukan hanya menyebabkan penyakit jantung koroner, merokok dapat berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan perifer. Asap yang dikeluarkan oleh para perokok dapat dibagi atas asap utama dan asap samping Asap utama yaitu asap yang dihirup secara langsung oleh perokok, sedangkan asap samping adalah asap yang disebarkan ke udara bebas, yang akan dihirup oleh orang lain atau perokok pasif.

Cara Berhenti Merokok 

Rokok  yang sudah menjadi budaya ataupun telah menjadi gaya hidup merupakan hal yang sangat sulit dihentikan. Adapun jika termasuk seorang perokok aktif, di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa kecanduan rokok tersebut :

Rencanakan waktu untuk berhenti merokok, Rencanakan kapan anda akan berhenti merokok untuk selamanya. Waktunya bisa beberapa hari ke depan maupun dua minggu lagi. Menjelang hari berhenti merokok itu, anda dapat  mengurangi jumlah rokok yang dihisap pada setiap harinya.

Obat-obatan, Obat membantu meringankan gejala-gejala berhenti merokok sampai efek buruk terlewati. Anda mempunyai pilihan obat baik berdasarkan resep dokter.

Dukungan, Carilah dukungan dari beberapa orang  yang juga berusaha untuk berhenti merokok.

Olahraga, Olahraga akan membantu anda mengatasi rasa tertekan dalam diri atau stres juga berat badan yang bertambah setelah berhenti merokok.

Artikel Terkait