Manfaat Menakjubkan dari Bawang Hitam

Anda mungkin bertanya apakah itu bawang hitam? Bawang hitam merupakan bawang putih yang telah mengalami reaksi mailard karena proses pengawetan selama beberapa hari. bawang putih yang disimpan dengan suhu 60 sampai 80 derajat celcius dan kelelmbapan diatas 70 persen.

Proses inilah yang mengubah warna dari bawang putih menjadi hitam serta rasa menjadi manis dll.

Manfaat Menakjubkan dari Bawang Hitam

Kandungan bawang hitam

Secara umum kandungan yang ada pada bawang hitam dan putih adalah sama akan tetapi dari proses pengawetan yang dilakukan tersebut yang menghasilkan reaksi mailard membuat zat yang terkandung meningkat dan menurun.

Bawang hitam mempunyai kandungan antioksidan dikarenakan mengalami reaksi mailard dari proses pengawetan dan mengubahnya dari kandungan allisin menjadi senyawa antioksidan.

Manfaat bawang hitam

Bawang hitam yang telah mengalami perubahan yang signifikan dari aslinya yaitu bawang putih mulai dari aroma, rasa, dan bentuk maupun warna hingga zat yang terkandung didalamnya.

Akan tetapi perubahan tersebut tidak menjadikan manfaat bawang hitam lebih sedikit dari bawang putih justru bawang hitam lebih banyak manfaatnya dikarenakan mengandung antioksidan. 

Berikut inilah beberapa manfaat dari bawang hitam:

Mengatasi penyakit kanker dan mencegahnya

Bawang hitam dapat mencegah serta mengatasi penyakit kanker disebabkan karena bawang hitam bisa membuat pertumbuhan sel kanker terhambat dan membunuh sel kanker tersebut

Kesehatan jantung

Manfaat bawang hitam juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. bawang hitam mempunyai kandungan zat yang dapat menurukan kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sumber antioksidan

Dari proses pengawetan bawang putih yang dilakukan telah mengubah zat alisin menjadi antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat yang dihasilkan dari antioksidan ini adalah bisa menangkal radikal bebas, menjaga jaringan dan sel kulit serta terhindar dari keusakan organ tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat dalam bawang hitam membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga dapat terhindar dari serangan penyakit.

Sumber vitamin dan mineral

Tak hanya sebagai sumber antioksidan yang tinggi, bawang hitam juga dapat digunakan sebagai bahan makanan yang kaya akan sumber vitamin dan mineral. Bawang putih kaya akan kandungan vitamin B, C, fosfor juga kalsium dll. Semua kandungan tersebut mempunyai banyak manfaat untuk metabolisme dalam tubuh.
Nah Itulah Manfaat Menakjubkan dari Bawang Hitam. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait