Pengertian Manfaat dan Cara melakukan pull up

Pull up adalah gerakan olahraga sempurna bagi tubuh kita. Coba pikir, anda mengangkat seluruh berat tubuh setiap kali melakukan pull up tidak menggunakan alat dan hanya menggunakan tangan. Walaupun tampak sederhana, tapi gerakannya membuat tubuh akan menjadi terlihat istimewa.

Kekuatan juga kontrol pada tubuh bagian atas sebenarnya terletak pada kemampuan dalam menarik berat tubuh sendiri yang dilakukan selama beberapa kali tiap repetisi. Mendapatkan kemampuan itu bukanlah hal yang mudah karena kita tidak hanya mengangkat beban tubuh kita tetapi juga melawan gaya gravitasi. Pull up adalah cara tepat untuk mendapatkan kekuatan dan  kontrol tubuh bagian atas.

Cara Melakukan Pull Up

Memulai latihan pull up pada awalnya akan terasa sulit terutama bagi yang belum mengetahui bagaimana untuk cara melakukannya. Meskipun begitu, pull up adalah salah satu bentuk latihan dengan berat tubuh yang khusus melatih otot punggung juga biceps. Otot tersebut merupakan otot yang sulit dilatih kecuali menggantinya dengan latihan beban. Untuk orang yang hanya mengandalkan latihan dengan bodyweight, latihan pull up adalah hal harus dilakukan.

Anda harus memulai, walaupun pada awalnya hanya mampu 1 atau 2 kali. Yang terpenting terus berlatih agar dapat melakukannya satu kali, setelah itu hanya tinggal mengulangi gerakan ini beberapa kali ketika tubuh anda sudah lebih kuat.

Karena itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan pull up dan manfaat yang didapat dari olah raga ini.

Pengertian Manfaat dan Cara melakukan pull up


langkah-langkah Melakukan Pull up:


1. Dead Hang (Menggantung)


Latihan 1 agar mampu melakukan pull up adalah Dead hang. Dead hang yaitu gerakan yang menggantung pada tiang pull-up. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan hand grip. Caranya adalah pegang tiang pull up lalu angkatlah kaki hingga tidak menyentuh lantai dan tahan. Jika mampu lebih dari 20 detik, lanjutkan ke langkah ke 2.

2. Flex Hang (Menahan Posisi Finis)


Langkah kedua yaitu flex hang. Flex hang yaitu gerakan menahan posisi finish pada pull up. Tahan posisi tubuh seperti pada gerakan finish pull up dengan posisi dagu melampaui tiang pull up dan tahan. Jika mampu menahannya lebih dari 20 detik, lanjutkan ke langkah ke 3

3. Negative Pull up


Setelah mampu menahan flex hang lebih dari 20 detik, maka sudah siap untuk gerakan ketiga yaitu Negative pull up. Seperti namanya, gerakan ini menjadi kebalikan dengan pull up. Caranya yaitu turunkan badan secara perlahan dari posisi flex hang ke posisi dead hang secara perlahan. Lakukan selama mungkin. Jika mampu melakukannya selama 20 detik maka lanjutkan ke langkah ke 4.

4. Body row. ( Pull Up Setinggi Pinggang)


Body row adalah gerakan pull up namun dengan menggunakan tiang pull up yang cukup rendah yaitu setinggi pinggang. Lakukan gerakannya namun dengan kaki lurus kedepan dan juga tumit menyentuh lantai.

Lakukan secara terus menerus sebanyak mungkin. Jika sudah mampu melakukannya lebih dari 20 kali, sudah saatnya anda melakukan langkah terakhir.

5. Pull up (Reguler)


Langkah terakhir tentenya melakukan pull up secara benar. Cara melakukan pull up adalah pegang tiang pull up dengan overhand dan mulailah dari posisi dead hang, tarik tubuh anda ke atas dengan kekuatan lengan sampai dengan posisi flex hang, Pastikan dagu melampaui tingginya tiang pull up. Lakukan secara perlahan untuk hasil yang maksimal.

Setelah mampu melakukannya bekali-kali ada baiknya anda juga melakukan variasi pull up lainya untuk meningkatkan kemampuan tubuh anda.

Pull up adalah gerakan olahraga yang baik untuk tubuh, oleh karena itu Banyak sekali Manfaat pull up yang didapatkan oleh tubuh.

Manfaat pull up:


1.Menyehatkan tubuh


Seperti olahraga pada umumnya, manfaat pull up tentunya adalah menyehatkan tubuh. Jantung lebih sehat karena latihan pada tubuh bagian atas juga menggerakkan kerja jantung.

2. Membakar lemak.


Membakar lemak pada tubuh secara efektif, karena merupakan latihan yang menggunakan Bodyweight, sehingga efek pembakaran lemak tidak hanya terjadi ketika latihan namun juga setelah latihan.

3. Meningkatkan koordinasi otot bagian atas


Melatih seluruh tubuh yakni bagian atas karena itu akan menambah keseimbangan tubuh juga guna menstabilkan otot bagian atas sehingga koordinasi antar otot tubuh pun akan meningkat.

4. Melatih banyak otot sekaligus.


Latihan pull up juga melatih otot bagian dada, punggung, bicep juga tricep sehingga tubuh bagian atas akan terbentuk secara proporsional juga seimbang.

Ternyata banyak sekali manfaat pull up? saatnya memulai melakukan dari sekarang. 

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page