15 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Depresi dan Kesedihan


15 Cara Sederhana Untuk Mengatasi Depresi dan Kesedihan


Depresi bisa melemahkan dan sangat berbeda dari sekadar merasa tidak bahagia. Biasanya, ada alasan ketidakbahagiaan seperti ditolak atau tidak mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Depresi adalah perasaan yang meresap. Hampir seolah-olah Anda berada di terowongan hitam tanpa cahaya. Harapan menghilang dan hal-hal yang Anda temukan menyenangkan menjadi tugas. Bahkan memenangkan lotre tidak akan membuat seseorang keluar dari depresi dan tidak pernah merupakan ide yang baik untuk memberi tahu seseorang yang depresi untuk menyortir diri sendiri dan menyatukan diri. Sayangnya, ini tidak sesederhana itu, tetapi ada cara untuk meringankan gejala depresi.

1. Berlatih Perhatian

Pikiran yang tertekan cenderung memikirkan semua yang salah dan tidak perlu khawatir tentang semua kemungkinan negatif yang mungkin muncul di masa depan. Siklus pikiran negatif ini memperkuat kesengsaraan dan tidak membantu dalam mengelola untuk mengatasi depresi. Mindfulness melibatkan fokus pada saat ini dan merupakan keterampilan yang perlu dipraktikkan. Lebih sering daripada tidak, otak kita penuh dengan pikiran dan fokus pada saat ini tampaknya tidak wajar bagi pikiran kita. Berlatihlah untuk melibatkan indera Anda di saat ini. Fokus pada sentuhan, rasa, penglihatan, suara dan bau. Melibatkan indera menyisakan sedikit waktu untuk khawatir.

2. Dengarkan Upbeat Music

Saya selalu menganggap musik sebagai makanan bagi jiwa. Nada yang optimis dapat mengubah suasana secara instan dan menciptakan getaran yang lebih positif. Mendengarkan musik yang ceria dan bahagia mengubah kimia otak dan dapat meningkatkan suasana hati Anda.

3. Gunakan Sentuh

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa terapi sentuhan dapat membantu beberapa orang mengatasi depresi, menurunkan hormon stres kortisol, dan meningkatkan hormon oksitosin yang terasa enak. Terapi yang perlu dipertimbangkan termasuk akupunktur, akupresur, pijat, reiki dan refleksiologi.

4. Sertakan Asam Lemak Omega 3 dalam Diet Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang depresi sering kekurangan asam lemak yang dikenal sebagai EPA. Partisipan dalam studi tahun 2002 yang ditampilkan di Archives of General Psychiatry hanya mengambil satu gram minyak ikan setiap hari dan melihat penurunan 50 persen gejala seperti kecemasan, gangguan tidur, perasaan sedih yang tidak dapat dijelaskan, pikiran untuk bunuh diri, dan penurunan gairah. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Dapatkan omega-3 melalui kacang kenari, biji rami, dan ikan berminyak seperti salmon atau tuna.

5. Hentikan Pembicaraan Mandiri yang Negatif

Orang yang depresi cenderung melihat dunia dengan cara yang negatif. Ketika ada kesalahan mereka menyalahkan diri mereka sendiri dan ketika mereka benar, mereka menempatkannya pada keberuntungan. Depresi memperkuat keraguan diri dan perasaan tidak berharga. Pantau pembicaraan negatif batin Anda dan berikan kelonggaran untuk jenis pemikiran ini dengan mengingatkan diri Anda bahwa pemikiran Anda adalah dari orang yang depresi, bukan orang yang berfungsi baik. Jangan menganggap serius pikiran Anda saat merasa rendah. Mengakui pikiran tetapi ini tidak berarti Anda harus memercayainya. Pertahankan perspektif.

6. Tundalah Waktu Anda

Terimalah bahwa kondisi mental Anda tidak sepenuhnya seimbang. Selama depresi, kita cenderung melihat hal-hal negatif dalam segala hal dan merasa lebih sulit untuk seimbang tentang apa yang sedang terjadi. Ingatkan diri Anda dengan lembut bahwa Anda telah masuk ke 'saluran negatif' dan jangan mendengarkan pemikiran Anda. Ini jelas terdistorsi ketika Anda mengalami depresi. Gagasan ini sendiri dapat memberikan kenyamanan ketika dunia tampak suram. Itu tidak akan bertahan selamanya. Ingatkan diri Anda bahwa perubahan itu konstan dan Anda tidak akan selalu merasa seperti ini. Bersabarlah dan lakukan yang terbaik untuk menjaga diri sendiri. Makan dengan baik dan cukup tidur. Katakan pada diri sendiri “Ini akan berlalu”.

7. Mengalihkan Diri Anda

Jika memungkinkan, lakukan yang terbaik untuk mengalihkan perhatian Anda dari terlalu banyak berpikir. Pikiran Anda adalah musuh Anda saat depresi mulai terjadi. Bermainlah dengan hewan peliharaan atau berjalan-jalan. Baca buku jika Anda bisa berkonsentrasi atau menyelesaikan puzzle. Lakukan apa pun yang mengalihkan pikiran Anda dari ketakutan dan kekhawatiran Anda. Tetap sibuk adalah cara yang efektif untuk mengatasi depresi.

8. Gunakan Lebih Banyak Cahaya

Seasonal Affective Disorder (SAD) dikenal karena menyebabkan suasana hati yang rendah selama bulan-bulan musim dingin ketika ada lebih sedikit sinar matahari. Investasikan dalam sunlamp - bohlam 300 watt dalam waktu tiga kaki selama 20 menit tiga kali sehari dapat membantu. Gejala SAD dapat mencakup masalah tidur, kecemasan, depresi, lekas marah, kelelahan, apatis, dan hilangnya libido dan penggunaan cahaya dapat membantu mengatasi depresi dan gejala-gejala lain.

9. Cobalah Terapi Kognitif

Terapi kognitif bisa sangat berguna dalam menangkal depresi dan didasarkan pada prinsip bahwa cara berpikir tertentu dapat memicu masalah kesehatan tertentu, seperti depresi. Konselor membantu Anda memahami pola pikir Anda saat ini dan mengidentifikasi ide dan pikiran berbahaya atau salah yang Anda miliki yang dapat memicu depresi atau memperburuknya. Tujuannya adalah mengubah cara berpikir Anda untuk menghindari ide-ide ini serta membantu pola pikir Anda menjadi lebih realistis dan bermanfaat.

10. Menulis dalam Jurnal

Jurnal dapat bekerja dalam dua cara. Gunakan itu untuk menuliskan ketakutan dan kekhawatiran. Terkadang, keluar biarkan cara ini bisa menenangkan dan menenangkan pikiran Anda. Cara lain yang baik untuk menggunakan jurnal adalah menulis setidaknya lima hal setiap hari yang Anda syukuri. Ini memaksa kita untuk berpikir lebih positif dan dapat membantu mengingatkan kita bahwa segala sesuatu tidak pernah seburuk itu. Dalam jurnal terima kasih, Anda dapat menulis tentang apa pun yang terjadi di hari yang membuat Anda merasa dihargai. Orang asing tersenyum pada Anda, matahari bersinar .. apa pun yang positif akan dilakukan!

11. Terhubung dengan Teman

Ini bisa menjadi salah satu hal paling sulit untuk dilakukan ketika merasa tertekan tetapi ini adalah salah satu kegiatan yang paling memuaskan. Paksa diri Anda untuk keluar. Mengisolasi diri sendiri dari orang lain mungkin merupakan ide yang bagus, tetapi batasi dan kemudian keluar lagi. Ini dapat memiliki efek positif yang sangat besar pada suasana hati Anda.

12. Cukup Tidur

Tidur dan suasana hati berhubungan erat. Kurang tidur dapat menyebabkan lekas marah dan stres, sementara tidur yang sehat dapat meningkatkan kesejahteraan. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan kurang tidur parsial memiliki efek signifikan pada suasana hati. Mengambil langkah-langkah untuk memastikan tidur yang cukup akan ini akan menyebabkan peningkatan suasana hati dan kesejahteraan. Kualitas tidur Anda secara langsung memengaruhi kualitas hidup Anda, termasuk ketajaman mental, produktivitas, keseimbangan emosional, kreativitas, vitalitas fisik, dan bahkan berat badan Anda. Tidak ada kegiatan lain yang memberikan begitu banyak manfaat dengan sedikit usaha sehingga bertujuan untuk tidur antara 7,5 dan 9 jam per malam.

13. Maafkan Orang Lain

Ketika kita menyimpan dendam, kita adalah orang yang merasakan amarah. Orang yang kita marahi mungkin dengan gembira menjalankan bisnis mereka sepenuhnya tidak menyadari perasaan Anda. Jangan izinkan orang lain menguasai Anda. Mereka mungkin telah menyebabkan Anda kesedihan di masa lalu, cobalah untuk tidak membiarkan kesedihan itu berlanjut - itu hanya mempengaruhi Anda, bukan mereka. Temukan cara untuk memaafkan - mereka tidak pantas untuk waktu Anda. Meringankan beban emosional dan Anda akan meningkatkan suasana hati Anda dan membantu Anda mengatasi depresi.

14. Latihan Olahraga

Olahraga teratur memiliki manfaat untuk membantu mengatasi depresi. Latihan melepaskan endorfin yang meningkatkan kekebalan alami dan meningkatkan suasana hati. Selain mengangkat suasana hati Anda, olahraga teratur menawarkan manfaat kesehatan lainnya, seperti menurunkan tekanan darah, melindungi terhadap penyakit jantung, kanker, dan meningkatkan harga diri. Para ahli menyarankan untuk berolahraga ringan selama setengah jam hingga satu jam, seperti jalan cepat setidaknya tiga hingga empat kali per minggu.

 15. Jangan menyerah

Depresi dapat membuat Anda ingin bersembunyi dari dunia dan menghilang. Tidak apa-apa untuk meluangkan waktu tetapi berikan batas waktu pada diri Anda dan kemudian lakukan sesuatu yang produktif untuk meningkatkan suasana hati Anda. Depresi dapat dikelola dengan baik (saya tahu ini dari pengalaman pribadi) dan bisa ada kehidupan yang indah di luar depresi. Bertahanlah dan jaga iman.

Walaupun saran-saran di atas bisa efektif, depresi yang bertahan harus diselidiki lebih lanjut dan mengunjungi dokter untuk membicarakan gejala apa pun adalah langkah ke arah yang benar.

Artikel Terkait