8 Manfaat Air Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


8 Manfaat Air Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Buah jeruk nipis ternyata banyak memiliki kandungan yang berkhasiat tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.  Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, buah ini juga kaya akan potassium, serta beberapa vitamin yaitu vitamin A, B, C dan D, kalsium, serta magnesium yang sangat bemanfaat bagi tubuh. Nah  manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Membantu memperbaiki pola makan

Sebuah studi baru-baru ini di Nutritional Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang minum lebih banyak air daripada minuman manis, seperti soda atau jus, memperbaiki pola makan mereka.

Orang yang minum air putih bukannya minuman manis mengurangi jumlah gula dan lemak yang mereka konsumsi setiap hari.

2. Dapat membantu pencernaan

Menambahkan jeruk nipis ke air dapat membantu pencernaan. Jeruk nipis mengandung senyawa yang membantu merangsang sekresi pencernaan di perut. Juga, asam dalam jus jeruk nipis membantu air liur memecah makanan.

3. Meningkatkan kualitas kulit

Limau mengandung vitamin C dan antioksidan, keduanya merupakan bahan dalam banyak produk kulit komersial. Saat dikonsumsi dengan air, bahan-bahan alami dalam jus jeruk nipis dapat membantu meningkatkan penampilan kulit yang menua.

 4. Menurunkan berat badan

Ahli gizi sering merekomendasikan minum segelas air dengan makanan untuk membantu mencegah makan berlebihan.

Air jeruk nipis memiliki manfaat tambahan. Asam sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk nipis membantu meningkatkan metabolisme seseorang, membantu mereka membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang dikombinasikan dengan antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis memberikan dukungan bagi sistem kekebalan tubuh.

Ketika diminum secara teratur, air jeruk nipis dapat membantu mencegah dan mempersingkat umur pilek dan kasus flu.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Limau mengandung kadar magnesium dan kalium yang tinggi.

Kedua elemen ini membantu mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. Secara khusus, kalium dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Ada juga penelitian terbatas yang menunjukkan bahwa jeruk nipis juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

7. Menurunkan gula darah

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan perubahan gula darah di pagi hari dan setelah makan. Meskipun penelitian ini berfokus pada orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C, kesimpulannya menunjukkan bahwa vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk meningkatkan kadar gula seseorang.

8. Mencegah pertumbuhan mikroorganisme

Menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus.

Streptococcus adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab untuk berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut.

Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan berkembangnya organisme berbahaya ini dan mencegah penyakit bakteri.

Artikel Terkait