Inilah Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Diare akan terjadi pada saat buang air besar (BAB) yang mempunyai tekstur kotoran yang encer, sampai lebih dari 3 kali sehari. Diare dapat mengakibatkan beberapa gejala yang mengganggu kesehatan seperti mual, mulas kembung sampai dengan BAB secara terus menerus. oleh sebab itu anda harus mengetahui cara untuk mengatasi penyakit diare secepat mungkin, namun sebelum mengetahui cara mengatasinya anda tentu harus tahu dulu penyebab diare bisa terjadi pada anda.

Ada beberapa penyebab diare. mulai dari gaya hidup yang kurang sehat sampai dengan penyakit yang serius. Namun kebanyakan orang menganggap diare merupakan penyakit sepele. Padahal jika diare dibiarkan berlarut-larut tanpa adanya penanganan yang tepat bisa menakibatkan komplikasi yang serius.

Inilah Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya

Dengan mengetahui berbagai macam penyebab diare akan dapat mengurangi resiko terkena diare pada kemudian hari.Apa saja penyebab masalah diare?penasaran yuk simaklah ulasannya berikut ini

Penyebab diare

Dikutip dari hellosehat.com. Penyebab masalah diare dapat bermacam-macam mulai dari kondisi yang sementara sampai dengan kondisi yang serius. Berikut inilah berbagai macam penyebab diare yang harus anda ketahui:

Infeksi bakteri

Sejumlah bakteri contohnya shigelle, salmonella serta eschrerichia coli bisa menyebabkan infeksi pada tubuh anda juga menimbulkan masalah diare pada anda. bakteri tersebut bisa tersebar melalui makanan juga minuman yang terkontaminasi secara kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi. jadi anda dapat terinfeksi ole bakteri yang menyebabkan diare ketika makan makanan atau minuman yang tidak higienis dalam pengolahannya oleh orang yang sedang mengalami diare.

Infeksi virus

Sejumlah virus bisa mengakibatkan diare serta muntah sebagai contoh, infeksi virus rotavirus dan norovirus. keduua virus tersebut dapat dengan mudah menular dari orang pertama ke orang selanjutnya. Mengguanakan alat makanan dan mengkonsumsi makanan serta minuman yang terkontaminasi dapat mengaikbatkan terkena infeksi virus tersebut.

Obat tertentu

Mengkonsumsi obat tertentu terkadang bisa mengakibatkan diare. salah satunya adalah mengkonsumsi antibiotik. walaupun antibiotik bisa membunuh bakteri jahat namun obat ini juga bisa membunuh bakteri baik yang bisa melindungi usus anda

Keracunan makanan

Diare dapat terjadi akibat salah mengkonsumsi makanan terutatama makanan yang kadaluarsa yang sudah terkontaminasi dengan bakteri. salmonela merupakan infeksi bakteri yang secara umumnya dapat mengakibatkan masalah diare yang dapat berkembang ketika anda mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi

Dari beberapa penjelasan diatas anda tentu sudah tahu apa penyebab diare kini saatnya anda melakukan cara untuk mengatasinya berikut ulasannya

Cara mengatasi diare dirumah yang tepat

Sebagian besar diare dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari, akan tetapi anda tidak bisa menganggapnya sepele. selain dapat menyebabkan gejala yang tidak enak diare juga dapat mengakibatkan anda kurang cairan atau dehidrasi.

Untuk mengurangi gejala tersebut serta mempercepat penyembuhan ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut

Menambah dan memjaga asupan cairan

Tubuh akan banyak kehilangan cairan serta mineral saat anda mengalami masalah diare yang bisa mengakibatkan dehidrasi. Ketika sedang diare dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan yaitu minum dua sampai tiga liter air atau 8 hingga 12 gelas dalam sehari. selain air putih anda juga dapat mengkonsumsi makanan atau minuman lain contohnya sup, kuah kaldu maupun jus buah.

Sedangkan untuk mengembalikan mineral serta garam yang hilang anda dapat mengkonsumsi minuman yang berelektrolit contohnya oralit.

Menyesuaikan pola makan

Dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak akan dapat memaksa saluran cerna agar lebih aktif yang akan memperparah diare. Oleh karena itu dianjurkan untuk makan makanan dalam porsi yang kecil tapi lebih sering agar dapat mringankan kerja usus ketka diare

Hindari makanan yang memperparah diare

Ketika anda diare dianjurkan untk menghindari makanan yang dapat mengakibatkan dan memperparah diare. Contohnya makanan yang berminyak,berlemak, pedas dan tdak matang secara keseluruhan. selain makanan tersebut juga terdapat jenis buah dan sayuran yang dapat memperparah diare contohnya jagung, brokoli dan kol maka hindarilah juga jenis buah dan sayuran tersebut.

Anda bisa mengatasi masalah diare dirumah dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas dan hindari juga penggunaan obat anti diare kecuali jika dianjurkan oleh dokter.

Jika diare anda tidak membaik dalam 2 kali 24 jam dan disertai demam tinggi maka segeralah periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.
Nah Itulah Penyebab Diare dan Cara Mengatasinya. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait