Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui-Pepaya adalah tanaman buah yang dibudidayakan oleh beberapa negara didunia. seperti Australia dan beberapa wilayah di Kepulauan Hindia Barat, tanaman ini dikenal dengan nama papaw atau paw paw. Di Perancis, buah pepaya umumnya disebut sebagai buah papaye dan tanamannya disebut papayer. Masyarakat Brazil biasa menyebut tanaman ini dengan mamao, sedangkan di wilayah Asia Selatan dan Hindia Timur menyebutnya kapaya, lapaya, atau tapaya. Wilayah asal dari tanaman pepaya belum diketahui secara pasti. Tanaman pepaya diduga berasal dari wilayah Amerika Tropika, tepatnya di dataran rendah Amerika Tengah bagian timur, yaitu dari Meksiko Selatan sampai Panama (Nakasone & Paull, 1998). 

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:


Sebagai sumber penyimpan cadangan energi

Manfaat pepaya dapat memberikan cadangan energi untuk tubuh Anda yang memiliki banyak aktivitas. Selain bisa menjadi cadangan energi untuk membuat Anda tidak mudah merasa lelah atau loyo, buah pepaya juga dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang  nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Pepaya mengandung banyak vitamin diantaranya adalah vitamin C. Hal ini meunjukkan bahwa buah pepaya ini adalah menjadi salah satu buah andalan dalam membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Selain itu.

Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat buah pepaya lainya adalah bisa mengatasi sembelit atau susah Buang Air Besar atau BAB, maka menjadi sangat penting untuk  mengonsumsi pepaya setelah makan. Selain mudah didapat, buah pepaya juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Membuat kulit mulus

Khasiat buah pepaya yang satu ini menjadi kabar baik untuk kaum perempuan. Buah pepaya mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Maka banyak perusahaan dibidang kosmetik yang memanfaatkan kandungan buah pepaya ini untuk membuat produk anti-aging alias pencegah penuaan. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi ini bisa mencegah penuaan serta mengobati flek-flek hitam sehingga kulit semakin mulus dan kencang.

Kulit pepaya bisa untuk mengobati ruam

Banyak orang beranggapan bahwa khasiat pada pepaya hanya terdapat pada daging buahnya. Padahal, kulit pepaya juga bisa untuk dijadikan obat ampuh untuk ruam dan kulit yang terbakar paparan sinar matahari.

Cocok untuk diet

Khasiat pepaya yang lainnya yaitu untuk program diet. Satu buah pepaya ukuran medium panjang 5 inci (12,7 cm) dan diameter 3 inci (7,6 cm) hanya mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat. Jadi bisa mengonsumsi pepaya di sela-sela diet tanpa harus takut akan mengalami peningkatan berat badan.

Artikel Terkait