#4 Bahan Pemanis Alami Cocok Untuk Pengganti Gula


Gula adalah bahan makanan yang tidak dapat dihindari dalam keseharian. Salah satunya untuk membuat minuman yang manis akan memerlukan gula. Masakan juga ada yang memerlukan bahan dasar gula meskipun takaran gula yang diperlukan tidak banyak. Ketika bosan memakai gula, kita pun bertanya-tanya bahan yang cocok untuk mengganti gula.

#4 Bahan Pemanis Alami Cocok Untuk Pengganti Gula

4 Bahan pemanis alami yang cocok untuk pengganti gula adalah sebagai berikut:

1. Stevia

Terbuat dari ekstrak daun tanaman Stevia, yang awalnya tumbuh di Brazil juga Paraguay. Stevia dikenal sebagai pemanis alami yang terbebas kalori, dikarenakan jumlahnya sangat rendah. Sehingga, pemanis ini tentu cocok untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Stevia dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, contohnya menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko kanker pankreas, dan juga cocok untuk penderita diabetes.

2. Xylitol

Xylitol yaitu sebuah jenis gula alkohol, disebabkan karena struktur kimianya yang merupakan kombinasi struktur kimia gula dengan struktur kimia alkohol. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, gula alkohol tidak mengandung etanol, sehingga tidak menyebabkan mabuk dengan kalori yang rendah dari gula, xylitol mampu menjaga berat badan.

3. Eritritol

Seperti hanya xylitol, eritritol juga pemanis alami yang termasuk kedalam jenis gula alkohol. Rasanya hampir sama dengan gula, namun lebih menyehatkan, dengan asupan kalori yang lebih rendah.

Eritritol juga dapat dijadikan pemanis alami pengganti gula pada penderita diabetes. Eritritol dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit jantung, serta tidak akan membuat kadar kolesterol dan trigliserida di tubuh menjadi bertambah. Eritritol hanya memiliki 6 persen dari total kalori yang ada pada gula.

Walau begitu, beberapa orang mengalami masalah pencernaan, disekbabkan oleh efek samping dari pengganti gula tersebut. Sehngga Anda disarankan agar tidak berlebihan dalam konsumsi eritritol, yaitu kurang dari 50 gram dalam satu sajian.

4. Yakon

Tumbuhan yakon, yang memiliki nama latin Smallanthus sonchifolius, telah banyak digunakan sebagai tanaman obat sejak dahulu di Amerika Selatan. Tumbuhan ini telah dikenal sebagai pemanis, yang dibuat dalam bentuk sirop.

Yakon dapat membantu penurunan berat badan. Sebuah studi membuktikan hal ini, melalui pemberian sirop yakon kepada 40 responden. Hasilnya, penurunan berat badan mereka mencapai rata-rata 15 kg.

Selain itu, yakon juga mengandung jenis karbohidrat yang disebut Fructooligosaccharides atau FOS. FOS dapat menjadi makanan untuk bakteri baik, yang hidup di usus manusia. Yakon memiliki sepertiga dari nilai total kalori gula atau sekitar 20 kalori per sendok makan

Walau begitu, yakon tetap memiliki efek samping, apabila dikonsumsi terlalu banyak. Yakon berisiko memicu diare dan sakit perut, bagi beberapa orang. Sehingga, Anda disarankan untuk tetap bijak saat mengonsumsinya.

Selain pemanis alami di atas, sebenarnya ada pemanis lain, yang dapat menjadi pengganti gula. Misalnya madu, gula kelapa, sirup mapel, dan molase (tetes tebu).

Walau sedikit lebih sehat, beberapa pemanis ini tetaplah tergolong sebagai gula. Sehingga sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Namun bagaimanapun juga, stevia, xylitol, eritritol, dan yakon tetap menjadi pilihan paling sehat dibanding pemanis lain.

Nah, itulah beberapa Bahan pemanis alami untuk pengganti gula. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih.


Artikel Terkait