#4 Manfaat Menyanyi di Kamar Mandi Untuk Kesehatan

Bagi beberapa orang, menyanyi di kamar mandi merupakan hal yang sering dilakukan. Mungkin saja untuk mengusir bosan atau memang ia senang menyanyi. Namun tahukah anda bahwa kegiatan yang terkesan “sepele” tersebut ternyata memiliki banyak manfaat, lho.

menyanyi, walau hanya di kamar mandi, namun dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Bagusnya, kegiatan menyanyi di kamar mandi sama sekali tidak mengharuskan kamu memiliki suara merdu yang dapat mengguncangkan dunia untuk mendapatkan manfaatnya.

#4 Manafaat Menyanyi di Kamar Mandi Untuk Kesehatan

4 manfaat menyanyi dalam kamar mandi untuk kesehatan

Bebas Stres

Setelah melakukan kegiatan atauupun aktivitas, hal yang kemudian dilakukan adalah mandi karena dapat membuat badan menjadi segar. Namun tak hanya menyegarkan tubuh, kamu bisa memanfaatkan kegiatan ini agar dapat menghilangkan stres dan tekanan harian. Caranya?  dengan menyanyi saja!

Sejumlah ahli menyebut bahwa menyanyi di kamar mandi bisa mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh dan pikiran. Menyanyi  di kamar mandi juga digunakan untuk melatih pernapasan sehingga kadar oksigen dalam tubuh menjadi lebih baik. Saat kadar oksigen cukup, tubuh akan menjadi lebih relaks dan bebas stres.

Selain itu, penelitian lain juga membuktikan bahwa orang yang menyanyi cenderung memiliki kadar kortisol yang lebih rendah. Yaitu hormon yang berhubungan serta dapat memicu stres.

Kekebalan Tubuh

Menyanyi sambil mandi ternyata juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini masih berkaitan dengan menurunnya kadar kortisol saat menyanyi. Sebab hormon kortisol yang berlebih akan memicu terjadinya gangguan pada sistem kekebalan tubuh (imun). Maka, dengan mengurangi hormon kortisol akan semakin kuat pula kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit.

Menyanyi juga bisa menjadi obat antinyeri. Hal ini membuat kegiatan ini lagi-lagi menjadi “senjata” untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit serta dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Melancarkan Aliran Darah

Menyanyi juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Sebab menyanyi melibatkan otot-otot pernapasan yang secara otomatis menjadi lebih “terlatih”. Selain itu, otot-otot wajah juga akan ikut terlatih jika kamu rutin menyanyi.

Di sisi lain, menyanyi dan menghibur diri telah mampu untuk membantu seseorang melawan insomnia atau gangguan tidur saat malam hari. Sehingga, tidur malam pun akan menjadi lebih nyenyak.

Hal ini terjadi karena efek relaksasi yang dihasilkan pada tubuh. Tentu kondisi ini baik bagi kesehatan jantung, peredaran darah dan kondisi tubuh secara keseluruhan.

Menghindari Alzheimer

Jika bernyanyi saat pagi hari akan dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Sementara itu, menurut penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Disease kegiatan ini mampu mencegah terjadinya dementia dan penyakit alzheimer.

Hal itu karena menyanyi dan musik mampu merangsang aktivitas otak dan membuatnya lebih aktif. Hasilnya, fungsi kognitif otak pun menjadi semakin baik dan terasah.

Nah, itulah 5 manfaat menyanyi dikamar mandi untuk kesehatan , jika ada petanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima Kasih


Artikel Terkait