Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Jika Anda hobi memasak di dapur tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar salah satu jenis rempah ini yaitu saffron yang berasal dari bunga saffron yang memiliki nama ilmiah Crocus sativus. Bunga ini memang tumbuh di wilayah tropis seperti kawasan Asia terutama pada kawasan Asia Barat.

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Bunga Saffron

Walaupun harganya cukup mahal namun rempah ini adalah salah satu yang paling banyak dicari karena banyak mengandung manfaat kesehatan yang baik untuk kesehatan secara umum, kecantikan, diet bahkan dianjurkan dikonsumsi oleh wanita ketika hamil.

Berikut inilah manfaat Bunga Saffron antara lain sebagai berikut:

Mengatasi Gejala Stress

Ada banyak penyebab gejala stress namun hanya satu solusinya. Kandungan yang ada didalam bunga safron yaitu magnesium dapat membantu Anda mengatasi gejala stress dengan mudah.

Baik Untuk Wanita Hamil

Memiliki kandungan yang kaya akan protein dan antioksidan dalam saffron maka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil namun tentunya harus memperhatikan dosis karena terlalu banyak mengkonsumsi saffron dapat memicu kontraksi.

Mengurangi Gejala PMS

Mengkonsumsi saffron saat PMS dapat membantu mengatasi berbagai gejala yang muncul saat PMS seperti kram perut. Selain itu bagi Anda yang haid nya tidak lancar juga disarankan untuk mengkonsumsi saffron.

Dapat Membantu Meningkatkan Libido

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi saffron adalah kemampuannya untuk meningkatkan libido. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat senyawa aktif dalam saffron yang membantu meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi risiko impoten pada pria.

Baik untuk Kesehatan Mata

Warna cerah saffron merupakan indikasi bahwa rempah berkhasiat ini kaya akan kandungan beta-carotene. Sebagai pro vitamin A beta-carotene juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Membantu Menjaga Tekanan Darah

Mengkonsumsi saffron secara teratur ternyata terbukti efektif untuk membantu menjaga tekanan darah. Dengan demikian masalah seperti serangan jantung dan stroke bisa diatasi dengan alami.

Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan satu-satunya solusi ampuh untuk mengatasi efek buruk radikal bebas. Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksinya secara cukup dan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan adalah solusi terbaik untuk mencukupi kadar antioksidan dalam tubuh.

Membantu Anda Mengatasi Masalah Susah Tidur

Mengandung Mgnesium yang dapat membantu mengatasi masalah susah tidur Anda. Magnesium akan membuat sistem saraf Anda menjadi tenang sehingga kualitas tidur Anda akan bertambah.

Mencegah Penyakit Diabetes

Tidak mudah mengatasi penyakit diabetes tapi ada banyak solusi untuk mencegah penyakit ini dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi saffron secara teratur.

Menjaga Kesehatan Kulit

Punya beberapa masalah kulit seperti jerawat atau noda hitam? Saffron memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan vitamin seta mineral yang baik untuk kulit. Bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat.

Mengobati Batuk Secara Alami

Batuk bisa sangat mengganggu apalagi jika sudah diobati tapi masih juga datang lagi. Cobalah cara alami dengan mengkonsumsi saffron secara teratur untuk mengobati batuk secara alami karena saffron mengandung senyawa aktif yang baik untuk sistem pernafasan.

Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Ada banyak sekali masalah pencernaan yang bisa muncul seperti mual-mual dan muntah-muntah. Cobalah konsumsi saffron dengan segelas susu hangat dapat membantu mengatasinya secara alami.

Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi saffron secara teratur ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengoptimalkan produksi kolesterol baik.

Tinggi Kandungan Protein

Salah satu kandungan yang terdapat dalam saffron adalah protein. Protein memiliki peranan penting dalam regenerasi sel sehingga sel yang rusak dapat digantikan dengan sel yang baru secara cepat.

Mengoptimalkan Produksi Sel Darah Merah

Saffron mengandung zat besi tinggi yang dapat membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga masalah seperti anemia atau penyakit kurang darah dapat diatasi dengan alami tanpa bantuan obat-obatan.

Nah, itulah beberapa manfaat tentang bunga saffron. Jika ada ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima Kasih

Artikel Terkait