Inilah Manfaat Mengkonsumsi Jahe Secara Rutin

Berbicara tentang jahe di artikel sebelumnya sudah dibahas tentang manfaat wedang jahe dan beberapa kondisi yang bisa diatasi dari minum wedang jahe. untuk artikel kali ini akan membahas lebih mendalam apa saja manfaat dari mengkonsumsi jahe secara rutin.

Inilah Manfaat Mengkonsumsi Jahe Secara Rutin

Jahe bisa dikategorikan kedalam jenis anggota Zingiberancae, yaitu masih termasuk golongan tanaman herbal lainnya seperti kencur, kunyit serta lengkuas. Namun apa saja manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin? penasaran? simaklah penjelasannya dibawah ini cekidot!

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Jahe

Berikut ini adalah  Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jahe secara rutin yaitu sebagai berikut:

Mencegah penuaan dan kanker

Jahe mempunyai sifat anti oksidatif yang dapat mencegah proses penuaan. Manfaat lain dari tanaman jahe ini adalah anti mikroba yang dapat mengatasi penyakit menular. Bahkan jahe juga disebut dapat mencegah kanker.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan meski dalam jurnal diatas jahe berpotensi anti kanker dengan baik. akan tetapi manfaat jahe untuk kanker masih memerlukan penelian lebih lanjut.


Meredakan rasa nyeri haid

Dengan rutin mengkonsumsi jahe dapat mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi jahe bisa meredakan rasa  nyeri.

Agar dapat mendapatkan manfaat jahe untuk meredakan rasa nyeri cukup dengan mengkonsumsi air jahe 4 gelas selama 2 hari pada awal menstruasi. Efek jahe untuk perut diklaim dapat mengatasi rasa nyeri.

Memperkuat Sistem Kekebalan tubuh

Jahe mempunyai kandungan Vitamin C dan magnesium. Kandungan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain zat tersebut jahe juga mempunyai kandungan lain seperti gingerols, shogaols serta zingerones yang berfungsi untuk antioksidan pada tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Dalam Jurna US National Library of Medicine National Institutes of Health tentang manfaat jahe jika dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kolesterol secara signifikan serta menurunkan kadar gula atau glukosa darah.

Mencegah Infeksi Bakteri dan virus

Manfaat jahe juga dapat membantu tubuh untuk menangkal infeksi bakteri serta virus. Hal ini dikarenakan kandungan gingerol yang ada dalam jahe dikalim mampu mencegah infeksi bakteri serta virus.

Tidak hanya itu, manfaat lain minum jahe dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh agar bisa mencegah kerusakan DNA serta stres hingga membantu mengatasi pilek serta flu jika mengkonsumsi secara rutin.

Nah Itulah Manfaat Mengkonsumsi Jahe Secara Rutin. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait