Inilah Jenis Dan Penyebab Gangguan Mental

Gangguan mental merupakan salah satu jenis penyakit yang mengakibatkan masalah pada pola pikir, emosi maupun perilaku seseorang. Penyakit mental sama dengan penyakit fisik yang juga ada obatnya.

Apa itu gangguan mental?

Gangguan mental merupakan hal yang sering diartikan oleh kalangan umum dengan kondisi stres atau kelainan jiwa yang penderitanya akan mendapatkan perlakuan yang buruk sampai akhirnya penderitanya bisa dipasung.

Padahal, pada penderita gangguan mental tersebut dapat segera dibawa kerumah sakit untuk dapat penanganan lebih lanjut.

Inilah Jenis Dan Penyebab Gangguan Mental

Gangguan mental dapat dilakukan dengan pengobatan psikoterapi serta obat-obatan. Pada beberapa kasus tertentu, dokter akan mengkombinasikan dua metode pengobatan tersebut dan juga menganjurkan untuk menjalani pola hidup sehat.

Penyebab gangguan mental

Belum mengetahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab gangguan mental. Akan tetapi kondisi tersebut disebabkan karena dua faktor yaitu faktor biologis dan psikologis. kedua faktor ini akan dijelaskan dibawah ini:

Faktor biologis

  • Adanya gangguan pada fungsi sel saraf otak
  • Cedera pada otak
  • Infeksi
  • Kerusakan otak akibat terbentur
  • Keturunan
  • Kurangnya nutrisi

Faktor psikologis

  • Trauma terhadap sesuatu
  • Kehilangan orang tua
  • Kurangnya pergaulan atau interaksi sosial

Jenis gangguan mental

Dari sekian banyak jenis gangguan mental yang umum terjadi adalah sebagai berikut

Depresi

Depresi adalah suasana hati yang mengalami gangguan yang dapat mengakibatkan penderitanya secara terus menerus mengalami kesediahan maupun kemarahan yang mendalam yang sudah berlangsung lama.

Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan adalah jenis gangguan yang dapat mengakibatkan penderitanya mempunyai rasa cemas maupun ketakutan yang berlebihan ketika menjalankan aktifitas. gangguan kecemasan ini bisa mengakibatkan kepanikan yang lama serta sulit dikendalikan.

Gangguan bipolar

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental sering dikaitkan dengan perubahan suasana hati.ganguan bipolar ini mengakibatkan penderitanya mengalami rasa labil atau berpindah-pindah suasana hati dalam jangka waktu tertentu.

Gangguan tidur

Gangguan tidur adalah gangguan pola tidur yang dapat mengganggu kesehatan serta kualitas hidup penderitanya salah satu contohnya adalah insomnia.
Nah Itulah Jenis Dan Penyebab Gangguan Mental. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait