Penyebab Darah Rendah Serta Cara Mengatasi Darah Rendah

Penyebab darah rendah

Beberapa orang menyepelekan gejala darah rendah yaitu pusing, lemas, mual, pingsan, dehidrasi serta jantung yang berdebar sangat cepat. kondisi tersebut jika didiamkan berlarut larut akan menyebabkan kesehatan pada tubuh semakin memburuk hingga mengakibatkan kematian. 

Untuk mengatasi darah rendah maka anda perlu mengetahui lebih dulu penyebabnya.penasaran? yuk simaklah ulasannya berikut ini serta cara mengatasinya

Penyebab Darah Rendah Serta Cara Mengatasi Darah Rendah

Dehidrasi

Tubuh manusia memiliki komponen utama yaitu air. ketika air tidak terpenuhi dalam tubuh akan mengakibatkan jumlah ataupun volume darah menurun dan membuat badan menjadi lemas yang memicu tekanan darah rendah.

Pada dasarnya dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh, akan tetapi juga diakibatkan oleh diare, kurang minum maupun saat puasa.


Anemia

Anemia merupakan kondisi kurang darah hal ini sering diartikan sebagai darah rendah padahal penyakit tersebut berbeda. Namun anemia juga menjadi penyebab darah rendah. Anemia merupakan kondisi kurangnya darah yang membuat hemoglobin pada tubuh menjadi tidak normal. Anemia juga diakibatkan oleh pendarahan pada bagian tertentu.

Sedang hamil

Penyebab selanjutnya yaitu pada ibu hamil. ketika masa kehamilan peredaran pada tubuh berkembang cepat. hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang membuat pembuluh darah membesar serta menurunya tekanan darah.

Penyakit jantung

Penyebab darah rendah juga diakibatkan oleh penyakit jantung. seseorang yang mengalami penyakit jantung mudah terserang darah rendah. hal tersebut disebabkan saat darah tidak dipompa dengan baik kesuluruh organ tubuh karena jantung yang bermasalah dan mengakibatkan penurunan tekanan darah.

Cara mengatasi darah rendah

darah rendah secara umum dapat diatasi dengan melakukan hal sebagai berikut dan dapat dilakukan dirumah.

  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam sodium
  • Perbanyaklah mengkonsumsi air putih
  • Jangan minum alkohol
  • Jangan melakukan aktifitas yang berat serta berlebihan dan utamakan istirahat
  • Konsumsilah obat-obatan agar dapat mengurangi efek darah rendah

Nah Itulah Penyebab Darah Rendah Serta Cara Mengatasi Darah Rendah. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait