#5 Makanan yang mengandung Vitamin A selain wortel

Tahukah anda bahwa vitamin A sangat penting bagi kesehatan tubuh? hal tersebut dikarenakan vitamin A dapat menjaga fungsi pengelihatan pada mata agar tetap normal, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. vitamin A juga bermanfaat untuk membantu kerja jantung, ginjal, paru-paru maupun organ lainnya.


vitamin A


Selama ini yang kita tahu wortel identik dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi dan sangat diperlukan oleh tubuh. akan tetapi tidak hanya wortel saja yang mempunyai kandungan vitamin A, beberapa makanan  lain bisa dijadikan asupan sumber vitamin A. 


Jenis makanan mengandung vitamin A selain wortel

apa saja jenis makanan tersebut?simaklah penjelasannya berikut ini.


Sumber vitamin a selain wortel

Vitamin A dapat diperoleh dari beberapa kombinasi makanan tertentu contohnya, sereal dan susu. berikut ini adalah jenis makanan lain yang mengandung vitamin A selain wortel yaitu:


  1. Hati sapi serta daging dari organ lainnya akan tetapi makanan ini mengandung kolesterol yang tinggi jadi makanlah dengan jumlah yang cukup bisa dimakan.
  2. Ikan salmon
  3. Sayuran hijau dan orange misalnya, labu, brokoli dan wortel
  4. Buah-buahan seperti mangga, melon aprikot 
  5. Produk susu


Dikarenakan vitamin A mudah larut dalam lemak akan menjadikan vitamin A mudah diserap kedalam aliran darah saat makan dengan makanan berlemak. banyak makanan yang bersumber dari hewan mempunyai kandungan vitamin A dan lemak yang tinggi.


Mengapa vitamin A sangat penting

Vitamin A sangat penting bagi kesehatan tubuh dikarenakan dapat membantu pertuumbuhan sel, fungsi kekebalan tubuh, perkembangan serta pengelihatan dan juga janin yang berada dalam kandungan.


Manfaat yang paling terkenal dari vitamin A yaitu untuk menjaga pengelihatan dan memelihara kesehatan mata.


Retinal adalah bentuk aktif dari vitamin A, serta protein opsin yang membentuk rhodopsin yaitu molekul yang diperluakn untuk membantu penglihatan warna serta rendahnya cahaya.


Selain itu juga dapat memelihara serta melindungi kornea mata yang merupakan bagian terluar mata serta konjungtiva yaitu selaput tipis yang menutupi permukaan mata serta bagian dalam kelopak mata.


Manfaat vitamin A yang lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jaringan kulit, usus, paru-paru, telinga bagian dalam dan kandung kemih. selain itu vitamin A juga membantu sistem kekebalan tubuh dengan mempercepat pertumbuhan sel dan distribusi sel yaitu sel darah putih.


Tidak hanya itu vitamin A membuat sel-sel kulit sehat, reproduksi dan perkembangan janin. mengapa demikian? ini sebabkan bahwa vitamin A mempunyai peran dalam perkembangan sel reproduksi serta berkaitan dengan janin yaitu vitamin A pada ibu terintegerasi ke janin yang berada dalam kandungan.


Nah Itulah 5 makanan yang mengandung vitamin A selain wortel. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar dan Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share. Terima kasih

Artikel Terkait