Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi makanan yang bergizi selama masa kehamilan sangat direkomendasikan untuk kesehatan selama proses kehamilan berlangsung.

Buah semangka adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk kesehatan selama kehamilan dikarenakan buah semangka termasuk makanan yang bergizi tinggi yang sangat baik untuk kehamilan.

Buah semangka mempunyai rasa yang tergolong manis serta memliki kandungan air yang segar. kandungan nutrisi buah semangka dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh diantaranya yaitu menurunkan tekanan darah, meningkatkan insulin serta meredakan nyeri otot.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Buah semangka memeliki kandungan yang terdiri dari 91 persen air juga 7,5 persen diantarannya karbohidrat. buah semangka tidak banyak mengandung lemak juga protein serta kalori yang jumlahnya sedikit. Kandungan air yang tinggi sangat baik untuk tubuh, dikarenakan air dapat membantu ibu hamil yang dehidrasi.

Manfaat lain dari buah semangka yang baik untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

Likopen

Likopen dapat mengurangi resiko terkena kanker selama kehamilan, Likopen juga dapat mencegah preeklamsia serta kecilnya tubuh bayi saar lahir. Namun masih dilakukan penilitian untuk memastikan data tersebut.

Kalium

Kalium adalah salah satu mineral juga elektrolit yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah serta menjaga jantung tetap sehat. Jika kurang mengkonsumsi kalium saat kehamilan akan dapat mengakibatkan kaki menjadi kram serta lemas jantung menjadi terganggu.

Vitamin C

Vitamin C sangat diperlukan pada ibu hamil agar dapat membuat kolagen yang membentuk jaringan ikat. Vitamin C juga dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, merangsang pertumbuhan tulang juga memelihara kesehatan kulit.

Vitamin A

Vitamin A memiliki peran penting dalam perkembangan janin terutama untuk perkembangan paru-paru, ginjal, jantung, tulang, mata, pernapasan, peredaran darah juga sistem saraf.

Tips Memilih Buah Semangka Yang Baik

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah semangka untuk ibu hamil dalam memilih buah semangka juga harus anda perhatikan yaitu:


  • Pilihlah buah semangka yang kuat, simetris serta terhndar dari semua retakan.
  • Buah yang matang mempunyai tekstur kulit yang mengkilap juga batangnya kering.
  • Anda tidak dianjurkan untuk memilih buah yang keras juga mempunyai warna putih atau hijau pucat semangka dalam ciri-ciri tersebut adalah belum sepenuhnya matang dan memiliki rasa asam.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah semangka untuk ibu hamil, Jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan jika ada pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar. Terima kasih

Artikel Terkait